Halo para calon pemimpin
Apakah kamu sudah siap menjadi seorang pemimpin? Sebelum kamu menjadi seorang pemimpin untuk orang lain, ada baiknya kamu mencoba untuk memimpin diri kamu sendiri. Apakah kamu sudah menjadi pemimpin untuk diri kamu sendiri? Jika belum, mungkin kamu harus mengetahui bagaimana sih menjadi pemimpin baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Apa sih yang harus diperhatikan jika kita menjadi seorang pemimpin?
Kamu juga harus tahu yaa, bahwa seorang pemimpin itu berbeda lho dengan seorang manajer. Seorang pemimpin harus dapat merangkul semua orang yang berada di bawahnya. Coba kalian perhatikan perbedaan pemimpin dan manajer.
Pemimpin adalah orang yang mendorong dan menggerakan orang lain agar mau bekerja sama mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Fungsi penting sebab bagaimanapun juga baiknya perencanaan, tertibnya organisasi dan tepatnya penempatan orang dalam organisasi, belum bearti menjamin geraknya organisasi menuju sasaran dan tujuannya. Untuk itu diperlukan kecakapan, keuletan, pengalaman dan kesabaran.
Kemampuan untuk mempengaruhi dan mengerakkan orang lain guna mencapai tujuan tertentu disebut kepemimpinan atau sering disebut juga leadership. Kepemimpinan sangat menentukan keberhasilan atas manajemen dan lebih dari itu adalah menentukan keberhasilan administrasi.
Ini berarti bahwa kepemimpinan akan menentukan tercapainya tujuan atau tidaknya suatu tujuan organisasi.
Dalam menggerakan orang lain kita perlu dan harus ingat pada empat faktor berikut :
- Kepemimpinan, yaitu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi serta menggiatkan orang lain bekerja sama dalam usaha mencapai tujuan.
- Komunikasi, yaitu cara dan media menyampaikan pesan.
- Instruksi, yaitu perintah atau petunjuk kerja yang jelas, tegas, terarah, jelas bagaimana jalan peleksanaanya dll.
- Fasilitas, yaitu kemudahan yang menyebabkan pekerjaan menjadi mudah di laksanakan.
Seorang pemimpin regu/penyelia/manager yang baik harus mampu melakukan adaptasi gaya manajemen sesuai dengan kondisi yang berbeda. Pemimpin lini perlu melindungi iklim kerja yang baik, motivasi kerja anak buah, dan melaksanakan strategi-strategi yang ditentukan oleh jajaran pimpinan.
Untuk menjadi seorang pemimpin, seorang pemimpin harus dapat berfungsi sebagai :
1. Pemimpin sebagai pencipta visi
agar dapat memjadi seorang pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus dapat :
a. Menciptakan visi
Disini para pemimpin diajarkan untuk dapat menganalisa setiap peluang yang ada dan juga melihat berbagai macam ancaman yang mungkin datang dari luar. Seorang pemimpin juga harus dapat menganalisa kemampuan yang dimiliki setiap orang yang dipimpinnya dan mengembangkannya untuk kemajuan organisasi atau lembaga. Seorang pemimpin yang baik tentunya harus mengetahui bagaimana dan kemana organisasi atau lembaga ini akan dibawa, dna bagaimanan sistem kerjanya.
b. Menciptakan tujuan keberhasilan
Seorang pemimpin harus dapat mengkorversi visi yang dibuat pada timnya. Juga dapat membuat sebuah target kinerja yang baik, agar hasilnya memuaskan. Pemimpin juga harus dapat menentukan target kinerja setiap orang yang diaturnya dan juga mengukur setiap pencapaian yang harus dicapai, agar lembaga atau organisasi yang dipimpinnya berkembang sesuai denga visi semula.
c. Dapat mengembangkan rencana yang dibuat
Terdapat beberapa goal atau keberhasilan yang dapat dibuat untuk kemajuan organisasi atau lembaga tersebut, seperti :
Terdapat beberapa goal atau keberhasilan yang dapat dibuat untuk kemajuan organisasi atau lembaga tersebut, seperti :
- Spesifikasi keberhasilan
Semakin spesifik kinerja tim yang akan dibuat akan membaut kinerja tim menjadi semakin baik, karena setiap orang akan mengerti dengan baik apa yang harus dilakukan untuk kemajuan bersama. Jika tidak ada sasaran atau spesifikasi pada setiap pekerjaan, maka kinerja setiap orang yang dipimpim menjadi sedikit rancu.
- Kesulitan dalam mencapai keberhasilan
Setiap usaha yang dibuat pasti mempunyai suatu kesulitan, dan setiap kesulitan akan membawa kita pada level yang lebih tinggi. Semakin sulit tujuan yang ingin dicapai, maka akan semakin besar pual tujuan yang dibuat. Kondisi seperti itu juga akan membuat kinerja tim atau bawahan akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
- Partisipasi dalam membuat keberhasilan
Ketika para bawahan atau orang-orang yang dipimpin berpartisipasi dalam proses yang dibuat, biasanya mereka akan dapat menciptakan sasaran yang lebih tinggi ketimbang ketika mereka menerima hanya menerima sasaran yang diinginkan.
- Feedback
Feedback ini perlu dilakukan agar setiap orang mengerti benar tugas yang harus mereka kerjakan dengan baik. Hal seperti ini juga harus dilakukan agar sasaran utama atau visi yang diinginkan dapat tercapai. Kondisi seperti ini juga akan membantu tim untuk dapat bekerja lebih keras lagi agar sasaran yang ingin dibuat tercapai.
d. Dapat memonitor rencana yang dibuat
Seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat memonitor setiap rencana yang dibuat dengan baik, dan dapat memberikan saran atau bahkan koreksi jika rencana yang dibuatnya tidak sesuai dengan tujuan awal.
2. Pemimpin sebagai pembangun tim
Dalam materi pelatihan kepemimpinan ini para calon pemimpin sebagai orang yang dapat membangun tim, tentunya dia harus dapat menjaga 2 hal, yaitu :
a. Tugas
Seorang pemimpin yang baik, harus mengerti dengan baik : Sasaran yang harus dituju harus jelas, Alat ukur indikator kinerja setiap orang harus jelas, dan Aturan kerja yang ada harus jelas
b. Orang
Sebagai seorang pemimpin yang baik harus dapat menjaga Identitas dan juga semangat tim work, Dapat menjaga kerjasama yang baik dan juga dapat membuat nyaman orang-orang yang dipimpinnya, Seorang pemimpin harus dapat berbicara degan baik, jujur dan terbuka.
3. Pemimpin sebagai pencetus motivasi
Seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat memberikan motivasi yang baik bagi para bawahannya atau orang yang dipimpinnya. Pemberian motivasi ini penting untuk menunjang kinerja para bawahan atau orang yang dipimpin, agar hasil kerja semakin baik.
Pemimpin sebagai pembangun karakteri seorang pemimpin yang baik, harus mengerti benar, karakter setiap orang yang dipimpinya. Pada dasasrnya setiap orang yang dipimpinnya tentunya mempunyai karakter dan juga keahliannya masing-masing. Karakter dan keahlian seperti ini yang harus diketahui oleh setiap pemimpin. Keahlian tersebut tentunya diperlukan untuk dapat mengembangkan keahlian orang tersebut dan juga dapat mengembangkan organisasi atau lembaga tersebut.
Tentunya seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat membuat nyaman orang-orang yang dipimpinnya. Ketika seseorang merasa nyaman, maka kinerja seseorang tersebut juga akan mengalami perbaikan.
Jika seorang pemimpin salah dalam menilai keahlian seseorang atau salah dalam mendelegasikan tugas, tentunya hasil yang diharapkan tidak akan sesuai dengan target awal.
4. Pemimpin sebagai pemberi tugas
Seorang pemimpin yang baik harus mengerti benar karakter setiap bawahan atau orang-orang yang dipimpinnya. maka dari itu seorang pemimpin harus :
- Dapat memperjelas tugas setiap orang
- Dapat menentukan tugas setiap bawahan atau orang yang dipimpinnya dengan baik
- Dapat membolehkan karyawannya untuk berpartisipasi dalam membuat sasaran
- Dapat memberi pengertian yang jelas mengenai tugas atau delegasi tugas dengan baik.
- Selalu memonitor dan dapat memonotor hasilnya dengan baik.
Harus diperhatikan bahwa seorang pemimpin berbeda dengan seorang manajer. Kepemimpinan adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk memotivasi orang lain untuk bertindak mencapai visi dan misi perusahaan. pemimpin memiliki visi masa depan mengantisipasi ketidakpastian. Sedangkan Manajerial adalah kemampuan untuk memotivasi orang lain atas dasar kinerja organisasi. orientasi pada perencanaan kerja, pengorganisasian, pengawasan, dan penilaian kerja saat ini.
Beberapa perbedaan antara seorang Pemimpin dan Manajer antara lain :
Pemimpin
|
Manajer
|
memberdayakan
|
mengelola
|
dukungan kreativitas &
berpikir divergen
|
mengajarkan "cara yang
benar" & pastikan semua orang tahu apa yang harus berpikir
|
kepercayaan
|
terlihat di atas bahu
|
mendelegasikan tugas
tanggung jawab yang besar
|
mendelegasikan tugas tanggung
jawab minor
|
mengajukan pertanyaan
|
memberitahu jawaban yang benar
|
mencari ilmu dari orang
|
memiliki pengetahuan sebelumnya
untuk memberikan pada setiap orang
|
berhubungan dengan orang
di tempat kerja
|
pastikan orang berhubungan dengan pekerjaan mereka
|
menemukan solusi gambaran
besar
|
memberikan perbaikan cepat
|
fokus pada beberapa
prioritas
|
mengambil banyak proyek sekaligus
|
bertanggung jawab dan
meminta maaf
|
tempat menyalahkan
|
tidak meminta orang lain
untuk melakukan apa pun mereka tidak melakukan sendiri
|
meminta orang lain untuk melakukan hal-hal yang
mereka tidak lakukan
|
melakukan apa yang benar
|
melakukan apa yang membuat mereka
keluar dari kesulitan
|
mencerminkan meningkatkan
|
mencerminkan menepuk diri di bagian belakang
|
menciptakan iklim
keterbukaan
|
mengintimidasi orang lain
perjanjian
|
menindaklanjuti kata-kata
mereka
|
terlalu sibuk untuk menindaklanjuti kata-kata mereka
|
mendapatkan rasa hormat
dengan memberi
|
mengharapkan hormat karena
jabatannya
|
mencari solusi
|
menemukan masalah
|
mengilhami
|
mematahkan semangat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar